Detik Buzz
bayi Cerdas
Link Banner

Asal Usul NENEK MOYANG ORANG ASIA Ternyata dari NUSANTARA Asia Tenggara

Gambar Ilustrasi Peta Nusantara
Agen SBOBET
Bayi Cerdas
obat kuat

Asal Usul NENEK MOYANG ORANG ASIA Ternyata dari NUSANTARA Asia Tenggara

Ilmuwan se-Asia berhasil berhasil melakukan pemetaan keragaman genetik di Asia. Dugaan selama ini nenek moyang orang Asia dari China ternyata terbalik. Yang benar nenek moyang orang China yang berasal dari Asia Tenggara.

Studi ini juga semakin memperkuat penemuan sebelumnya bahwa nenek moyang semua manusia berasal dari Afrika, artinya Adam sebagai manusia pertama di dunia berasal dari Afrika.

Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Asal Usul NENEK MOYANG ORANG ASIA Ternyata dari NUSANTARA Asia Tenggara pada bagian kategori Unik . Silahkan baca atau lihat koleksi foto-foto kami di Unik untuk info lebih lanjut Asal Usul NENEK MOYANG ORANG ASIA Ternyata dari NUSANTARA Asia Tenggara.

Gambar Ilustrasi Peta Nusantara

Untuk pertama kalinya, lebih dari 90 ilmuwan dari konsorsium Pan-Asian SNP dinaungi oleh Human Genome Organisation (HUGO) melakukan studi terhadap 73 populasi Asia Tenggara dan Asia Timur untuk mempelajari pola migrasi dalam sejarah manusia dan hubungan antara genetik dan penyakit.

Studi yang dipublikasikan dalam majalah Science 10 Desember 2009 ini menunjukkan bahwa akar genetik manusia berhubungan sangat erat dengan kelompok etnik dan kelompok bahasa.

Studi ini juga menjelaskan bahwa di masa lalu terdapat satu jalur utama migrasi manusia ke Asia, yaitu melalui Asia Tenggara, bukan jalur migrasi majemuk melalui jalur utara dan selatan, sebagaimana banyak dikemukakan sebelumnya.

“Hal ini berarti nenek moyangnya orang China adalah orang Asia Tenggara, bukan sebaliknya,” kata Prof Sangkot Marzuki, direktur lembaga Eijkman yang juga penggagas studi ini, dalam acara seminar ‘Mapping Human Genetic Diversity in Asia’ di gedung Lembaga Biologi Molekul Eijkman, Jakarta, Jumat (11/12/2009).

Selain itu fakta terbaru menunjukkan bahwa semua gen yang ada pada manusia sekarang ternyata berasal dari Afrika. “Semua yang hidup sekarang setelah dites DNA-nya ternyata merujuk pada persamaan DNA orang Afrika,” jelas Prof Sangkot.

Peneliti dari 10 negara di Asia berkumpul untuk memahami bagaimana manusia terhubung satu sama lain dan hasilnya bisa dijadikan acuan untuk menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan penyebaran genetik manusia.

“Untuk Indonesia, sebuah kepulauan dengan lebih dari 500 populasi etnik, data semacam ini sangat penting dalam pendekatan kesehatan masyarakat dan distribusi penyakit,” ujar Prof Sangkot.

Aplikasi untuk kesehatan antara lain memudahkan untuk mengambil sampel data sebuah penyakit karena distribusi penyakit ternyata berkembang seiring dengan migrasi penduduk, jadi penyakit lebih mirip-mirip di suatu daerah.

“Jadi ngambil sampel nggak perlu banyak-banyak karena rata-rata gennya sama,” kata Prof Sangkot.

Selain itu, data yang dihasilkan ini juga diperlukan untuk pencarian gen yang terkait dengan penyakit. “Misalnya mencari gen orang yang terkena avian influenza karena pada dasarnya manusia itu tahan flu burung. Justru kalau kena berarti ada kelainan genetik,” tutur Prof Sangkot.

Studi ini juga berguna untuk menentukan jenis obat berdasarkan genetiknya, karena tidak semua obat cocok untuk gen yang berbeda.

(h/t:atlantis-indonesia.org )

 

Info Terkait:
    asal usul slime,Nenek moyang coc,asal mula growtopia,gambar kekinci bligon,foto graffiti teng,borwap amerika bengkel,awal mula growtopia,asalusul homies,asal usul pointklis,asal usul pointilis

Berikut Asal Usul NENEK MOYANG ORANG ASIA Ternyata dari NUSANTARA Asia Tenggara

Gambar Ilustrasi Peta Nusantara

Tinggalkan Balasan